Wednesday, March 20, 2013

Membiasakan Diri dengan Transmisi Automatic pada Mobil

Biasakan saat mengemudi dengan transmisi automatic pada mobil kesayangan.

Transmisi automatic pada sistem gear box mobil sebenarnya sudah ada sejak belasan tahun yang lalu dengan adanya inovasi teknologi yang ditujukan untuk mempermudah para pengemudi mobil. Jadi membiasakan diri dengan transmisi automatic pada mobil adalah pilihan terbaik supaya kita juga terbiasa untuk mengemudikan mobil yang menggunakan terknologi tersebut. Dengan menguasai sistem transmisi automatic pada mobil maka secara tidak langsung juga menambah kemampuan mengemudi yang anda miliki. Jadi ketika anda diminta untuk mengemudikan mobil dengan transmisi automatic bisa langsung anda kemudikan.

Pada mobil yang menggunakan sistem transmisi automatic yang ada di bagian pedal hanya gas dan rem saja, pedal kanan untuk gas dan pedal kiri untuk rem. Lalu di mana kopling? karena ini merupakan sistem transmisi automatic mobil, maka dari itu kopling ditiadakan dengan tujuan supaya pengemudi bisa lebih fleksibel dalam menyetir. Dengan teknologi yang dikembangkan pada mobil dengan transmisi automatic, maka kopling pun bisa dihilangkan. Selain itu gear-boxnya pun juga hanya ada 4 macam, yakni R untuk mundur, N untuk netral, D1 untuk maju dengan torsi yang lebih kuat atau dengan kata lain untuk kecepatan yang lebih rendah, dan yang terakhir adalah D2 untuk kecepatan yang lebih tinggi tentunya.

Sedangkan pada mobil yang menggunakan sistem transmisi manual seperti biasanya, pada pedal kaki ada tiga, mulai dari kiri ada kopling, rem, dan yang paling kanan adalah gas. Untuk gear-boxnya sendiri tergantung mobil yang digunakan, untuk city car pada umumnya masih menggunakan 5 speed yang artinya gigi maju maksimum pada gigi 5. Dengan rincian R untuk mundur, N untuk netral, lalu berturut-turut mulai dari kecepatan yang paling rendah saat maju sampai dengan kecepatan tinggi yakni gigi 1, 2, 3, 4, dan terakhir gigi 5.

Kembali lagi untuk masalah kenyamanan saat mengemudi, hal itu tetap bergantung pada masing-masing pengemudi mobil merasa lebih nyaman dengan transmisi yang mana. Di sisi lain, teknologi transmisi automatic tersebut sudah diterapkan pada berbagai model mobil, tidak hanya mobil sedan saja, namun juga city car lainnya. Sesuaikan kebutuhan anda dalam mengemudi dengan segala pertimbangan, jangan sampai anda tidak bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan karena dua hal tersebut sangat jelas berbeda.

No comments:

Post a Comment